Kabel Fiber Optic



Kabel ini dibuat dan dibentuk dengan menggunakan peralatan-peralatan yang lebih canggih dan terbaru. Konduktor utama yang dipakai berupa serat plastik yang sudah dimodif sedemikian rupa sehingga dapat mentransmisikan sinyal dalam bentuk cahaya ke perangkat lain dengan kecepatan transfer tinggi. Bahan-bahan penyusunnya, filamen glas/core di bagian tengah, dilapisi bahan cladding, dilapisi lagi dengan bahan buffer coating, ditambah material penguat, kemudian dibungkus dengan bahan plastik sebagai pelindung terluar.



Bentuk pentransmisian kabel Fiber Optic ada 2 model, single mode dan multi mode. Dengan tetap sinyal utama yang dihantarkan berupa cahaya hanya saja diteruskan dalam bentuk yang agak berbeda. Pada single mode, cahaya diteruskan berupa sinar Laser untuk menjangkau pentransmisian data yang lebih jauh. Pada multi mode, cahaya diteruskan dalam bentuk sinar LED (Light Emitting Diode) yang terbagi ke berbagai perangkat sehingga laju data yang diterima akan berkualitas rendah.



Karena menggunakan sinar cahaya dalam penghantaran sinyalnya maka kecepatan pentransmisian data yang didukung kabel ini sangatlah cepat yaitu mampu mencapai pada kecepatan 1000 mbps dengan jangkauan yang lebih jauh dibanding kabel jaringan yang lainnya yaitu 3,5 Km dan mampu mengirim atau menerima data dalam kapasitas yang besar. Namun, teknologi yang tinggi tersebut mengharuskan harga yang mahal untuk dapat memakai kabel Fiber Optik ini dalam pemasangan jaringan, selain itu proses instalasi kabel ini juga lebih sulit, karena sifatnya tidak dapat diinstal pada jalur yang berbelok atau menikung tajam, jadi harus diatur sebisa mungkin pada jalur yang lurus.



Sumber :http://jaringannetwork.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

SerambiNews.Com

PPC Iklan Blogger Indonesia